Trik dan Tips Agar Negosiasi Gaji Lancar

No comment 198 views

Trik dan Tips Agar Negosiasi Gaji LancarMemiliki karir yang dicita- citakan adalah hal yang wajar dan normal bagi setiap Pencari Kerja. Sayangnya tidak semua keinginan dan harapan sesuai dengan apa yang kita idamkan. Jika Anda sudah mendapatkan peluang untuk diterima kerja di perusahaan incaran, maka Anda adalah salah satu orang yang beruntung.

Proses wawancara pun sudah Anda lakukan dan berjalan dengan lancar, sesi berikutnya adalah negosiasi gaji. Berbicara tentang negosiasi gaji pada perusahaan bukan perkara mudah. Sering kali negoisasi berjalan tidak sesuai dengan apa yang diharapkan dan Anda rencanakan.

Berikut ini cara agar Anda dapat bernegosiasi gaji dengan lancar dan sesuai dengan keinginan Anda:

Survey

Lakukanlah survey atau riset perbandingan gaji terlebih dahulu. Dapatkan semua informasi untuk orang yang memiliki kualifikasi seperti Anda, jenis perusahaan yang sama, di kota yang sama dan posisi yang sama dengan Anda. Anda bisa mendapatkan informasi tersebut dari berbagai sumber, contohnya dari buku yang membahas tentang ketenagakerjaan, artikel di internet dan bahkan dari lowongan kerja online (biasanya lowongan kerja online mencantumkan range salary untuk posisi yang ditawarkan). Ingat jangan hanya memakai satu sumber saja.

Melakukan riset terlebih dahulu bukan berarti Anda mendapatkan jawaban pasti, tapi setidaknya Anda mendapatkan gambaran angka berapa yang harus Anda lontarkan kepada HRD pada saat negosiasi gaji.

 

Berikan Pejelasan dan Alasan yang kuat

Jika Anda ingin mendapatkan gaji yang layak maka Anda harus memperjuangankan keinginan tersebut. Berikan penjelasan yang meyakinkan kepada HRD akan kemampuan dan kualifikasi Anda. Tunjukan juga semangat dan minat kerja Anda untuk bergabung di perusahaan tersebut.

Apabila Anda pernah bekerja diperusahaan yang lama, cara lain untuk mempertimbangan kenaikan gaji Anda ada baiknya bos memberikan rekomendasi atau catatan bahwa Anda layak mendapatkan gaji yang Anda inginkan. Jangan lupa Anda harus menjelaskan mengapa Anda layak mendapatkan gaji besar.

 

Buat Kesepakatan

Jika Anda tetap kuat dengan pendirian Anda ingin mendapatkan gaji yang sesuai dengan harapan Anda. Di lain sisi mungkin Anda terlalu berlebihan dan mengebu-ngebu ingin mendapatkan gaji yang besar walaupun Anda merasa yakin akan kemampuan Anda, sebaiknya kontrol emosi Anda saat bernegoisasi gaji. Coba buat kesepakatan. Inti dari kesepakatan ini adalah jika dalam masaprobation Anda melakukan pekerjaan dengan baik dan menguntungkan perusahaan maka Anda berhak untuk mendapatkan gaji yang Anda inginkan.

source http://id.jobsdb.com/ID/ID/Resources/JobSeekerArticle/tips%20negosiasi%20lancar?ID=901

author