Tenaga kerja industri Indonesia akan dilatih Amerika

Muhaimin Minta Kelembagaan Hubungan Industrial DiperkuatSumber Daya Manusia (SDM) berkualitas merupakan salah satu tuntutan agar industri dalam negeri bisa bersaing. Untuk meningkatkan kualitas tenaga kerja industri Indonesia, Dirjen Kerjasama Industri Internasional Kementerian Perindustrian Agus Tjahajana mengatakan, pihak Amerika Serikat akan membantu memberikan pelatihan.

“Mereka sedang memikirkan membantu kita untuk meningkatkan training di tenaga-tenaga industri kita karena kita memerlukan banyak tenaga industri yang terlatih,” kata Agus usai penandatanganan kerjasama infrastruktur dengan Amerika Serikat di Kementerian Perindustrian, Rabu (8/8).

Selain itu, pihak AS juga akan berkunjung ke Kementerian Pertanian untuk membantu meningkatkan produktivitas di sektor tersebut. Amerika melakukan langkah perluasan kerjasama dengan Indonesia karena melihat pertumbuhan ekonomi Indonesia yang saat ini cukup baik.

Agus menegaskan, yang menjadi fokus Kementerian Perindustrian saat ini adalah membawa lebih banyak investor AS untuk menanamkan modalnya di dalam negeri.”Yang sedang kita pikirkan adalah bagaimana lebih banyak lagi perusahaan Amerika yang berinvestasi,” kata Agus.

Para investor itu, kata dia, sebelum melakukan investasi akan menanyakan sejumlah permasalahan untuk keamanan investasinya. “Mereka biasanya akan menanyakan kesempatan, studi kelayakan usaha dan sebagainya. Kita kan harus layani. Jadi kita akan bekerjasama dengan BPKM, kementerian-kementerian lain untuk membuat mereka jadi lebih nyaman berusaha,” ucapnya.

sourceĀ Merdeka.com

author