Kemnaker Terus Kembangkan Skema Perluasan Kesempatan Kerja Dalam Negeri

Kemnaker Terus Kembangkan Skema Perluasan Kesempatan Kerja Dalam NegeriPemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) secara resmi telah melarang pengiriman Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ke Timur Tengah. Untuk menghindari lonjakan jumlah pengangguran, Kemnaker akan memperluas kesempatan kerja di dalam negeri sehingga dapat menyerap tenaga kerja dalam jumlah yang besar.

“Intinya kita terus kembangkan skema perluasan kesempatan kerja, baik di daerah atau pun di tingkat nasional,” kata Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Muhammad Hanif Dhakiri, usai memberikan sambutan pada seminar nasional bertajuk ‘Perlindungan Buruh Perkebunan Sawit di Indonesia’ yang diselenggarakan di Hotel Santika Medan, Selasa (12/5).

Menurut Menaker, meskipun ada larangan bagi TKI, tetapi sebenarnya larangan itu hanya berlaku di sektor domestik worker-nya saja, sementara di luar sektor tersebut tidak. “Jadi, kalau orang ingin ke Timur Tengah dan bekerja di luar sektor domestik mereka masih oke, masih boleh,” kata Hanif lagi.

Menaker menambahkan, ke depan, tenaga kerja yang didorong adalah para pekerja yang memiliki skill. untuk itu, TKI perlu diperkuat dengan pelatihan kerja yang mumpuni.

“Untuk yang skill, kita akan dorong agar balai latihan kerja juga harus diperkuat. Tenaga kerja kita yang mendapatkan pelatihan akan memiliki kompetensi dan sertifikasi. Sehingga ketika mereka dikirim keluar negeri, mereka dapat menyasar jabatan-jabatan di sektor yang lebih formal,” terangnya. (sumberĀ Medanbisnis)