Selamat Datang di Situs Bursa Kerja Online (BKOL) Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Aceh Barat Daya | Terimakasih Atas Kunjungan Anda
  • Follow us : RSS Feed
Home » INFO BNP2TKI » BNP2TKI Buka Pendaftaran EPS TOPIK CBT Ke-4 untuk Umum

BNP2TKI Buka Pendaftaran EPS TOPIK CBT Ke-4 untuk Umum

Tulisan Ini sudah dibaca 1,195 Kali
Janet's Rich Banana Bread Recipe BNP2TKI Buka Pendaftaran EPS TOPIK CBT Ke-4 untuk Umum
220

BNP2TKI Buka Pendaftaran EPS TOPIK CBT Ke-4 untuk UmumBNP2TKI membuka pendaftaran tes kecakapan Bahasa Korea berbasis komputer (Employment Permit System-Test of Proficiency in Korean Computer Based Test/EPS-TOPIK CBT) ke-4 untuk umum. Masa pendaftaran EPS TOPIK CBT Ke-4 ini dibuka selama empat hari kerja sejak Senin – Kamis, 24 – 27 September 2012 di Gedung Korea-Indonesia Technical and Cultural Cooperation Center (KITCC) Jalan Pengantin Ali No 71, Ciracas, Jakarta Timur.

“EPS TOPIK CBT ke-4 ini dibuka untuk umum dan hanya untuk pekerjaan pada sektor Perikanan (Fishing). Berbeda dengan pelaksanaan EPS TOPIK CBT Ke-1, 2, dan 3 yang dikhususkan bagi mantan TKI Korea, dan untuk empat sektor pekerjaan, yaitu Manufakturing, Pertanian dan Peternakan, Konstruksi, dan Perikanan,” kata Direktur Pelayanan Penempatan Pemerintah Deputi Bidang Penempatan BNP2TKI Haposan Saragih di Jakarta, Senin (24/9).

Haposan menjelaskan penentuan hanya sektor Perikanan berikut dibuka untuk umum dalam pelaksanaan EPS TOPIK CBT ke-4 ini sudah ditentukan oleh Human Resources Development Service of Korea (HRD Korea) sebagaimana dalam surat tertanggal 13 September 2012. Ketentuan tersebut sesuai dengan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MOU) antara Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi Indonesia (The Ministry of Manpower and Transmigration Indonesia) dan Departemen Pekerjaan dan Tenaga Kerja Korea (The Ministry of Employment and Labor Korea/MOEL) pada tanggal 13 Juli 2004 dan kemudian diperbarui terakhir pada tanggal 14 Oktober 2010.

Hasil ujian akan diumumkan pada 5 November 2012. melalui website BNP2TKI www.bnp2tki.go.id; website EPS www.eps. go.kr; website EPS www.epstopik.hrdkorea. or.kr. Ia katakana, masa berlaku hasil kelulusan Ujian Khusus EPS-TOPIK 2012 adalah 2 tahun.

Haposan mengatakan ada beberapa persyaratan bagi calon peserta EPS TOPIK CBT Ke-4, yaitu berusia minimal 18 tahun dan maksimal 39 tahun, tidak sedang atau pernah menjalani hukuman tindak pidana berat akibat perbuatan kriminal atau lainya, tidak memiliki catatan pernah dideportasi dari Korea Selatan oleh Pemerintah Korea Selatan, tidak sedang dicekal bepergian ke luar negeri oleh pemerintah Indonesia.

Calon peserta EPS TOPIK CBT ke-4 disyaratkan memiliki dokumen seperti fotokopi paspor (berwarna) bagi yang telah memiliki atau fotokopi KTP (berwarna) dengan ukuran paspor, mengisi formulir pendaftaran yang dibagi gratis di tempat pendaftaran, menyerahkan bukti setor pembayaran uang ujian sebesar 24 USD (Rp231.000) melalui rekening Bank BRI nomor 0862.01.006350.53.0 a/n Panitia Pelaksanaan EPS TOPIK. Fotokopy KTP/paspor ditempel di lembar pendaftaran disertai 3 lembar pasfoto ukuran 3 x 4 cm dengan latar belakang putih (diambil dalam jangka waktu 6 bulan terakhir). Seluruh persyaratan dokumen pendaftaran tersebut di atas agar dimasukkan ke dalam map bewarna hijau.

”Bila peserta mengundurkan diri dan telah membayar uang ujian, tidak akan mendapatkan pengembalian uang pendaftaran yang telah dibayarkan. Berikut hanya peserta yang telah membayar uang ujian yang diperbolehkan mendaftar, bila jumlah peserta yang mendaftar banyak sekali, maka akan dilakukan penambahan jadwal pelaksanaan ujian,” kata Haposan.

Haposan menegaskan lulus ujian EPS-TOPIK hanya merupakan kualifikasi/syarat untuk melamar pekerjaan di Korea dan tidak menjamin kepastian di tempatkan bekerja di Korea. ”Peserta yang dinyatakan oleh Pemerintah Korea termasuk dalam daftar tidak diperbolehkan masuk ke Korea untuk bekerja seperti yang memiliki hasil medical checkup dinyatakan tidak fit untuk bekerja, atau memiliki catatan pernah tinggal secara ilegal di Korea tidak akan dipilih untuk dipekerjakan di Korea,” katanya

sourcewww.bnp2tki.go.id/berita-mainmenu-231/7310-bnp2tki-buka-pendaftaran-eps-topik-cbt-ke-4-untuk-umum.html

Incoming search terms:

Related Posts

Tinggalkan Komentar

© 2014 Bursa Kerja Online Dinas Tenaga Kerja Abdya · RSS · Designed by Aswein,S.IP