57.147 Pengangguran Dapat Pelatihan Kerja Gratis

57.147 Pengangguran Dapat Pelatihan Kerja GratisKementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi menyediakan kuota pelatihan kerja gratis bagi 57.147 orang yang diselenggarakan di Balai-balai latihan Kerja di seluruh Indonesia.

Pelatihan kerja ini akan diadakan secara berkala selama 2014 pada 13 BLK Unit Pelayanan Teknis Pusat (UPTP) milik Kemnkertrans dan 253 BLK Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) milik pemda provinsi, kabupaten, dan kota yang ada di seluruh Indonesia.

Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar mengatakan, pelatihan kerja di BLK seluruh Indonesia dapat dimanfaatkan oleh para pencari kerja dan pengangguran.

“Ini memudahkan mereka  mendapatkan pekerjaan yang diinginkannya, kesempatan ini pun terbuka bagi para pengangguran muda yang baru lulus dari sekolah,” katanya di Jakarta, Rabu, (19/3).

Program pelatihan keterampilan dan kompetensi kerja ini, terang Muhaimin, diberikan secara gratis. Jadi para pencari kerja dan pengangguran harus memanfaatkan kesempatan ini untuk mendapatkan pekerjaan yang ideal.

“Para pencari kerja dan penggangguran sebaiknya tidak hanya mengandalkan ijasah pendidikan dalam mencari pekerjaan. Mereka harus melengkapi diri dengan keterampilan dan kompetensi kerja agar langsung siap bekerja dan cepat terserap oleh pasar kerja dan industri di tanah air,” kata Muhaimin.

Saat ini, terang  Muhaimin, lowongan kerja di berbagai bidang sebenarnya cukup banyak. Namun sayangnya tidak semua lowongan kerja itu dapat terisi oleh para pencari kerja alasannya tidak sesuainya kompetensi dan keterampilan kerja yang dimilki oleh para pencari kerja dengan yang dibutuhkan perusahaan.

sumber www.republika.co.id/berita/nasional/umum/14/03/19/n2oqm4-57147-pengangguran-dapat-pelatihan-kerja-gratis

author